Pj. Ketua TP-PKK Tubaba Hanita Farial Firsada Dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Tubaba.

Tulang Bawang Barat — Echanews.com

Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Hanita Farial Firsada, dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Tubaba, oleh Bunda Literasi Provonsi Lampung Riana Arinal Djunaidi.

Disamping itu, Riana Sari juga mengukuhkan Bunda Literasi Tulangbawang Herlina Qudratul dan Bunda Literasi Lampung Barat Zelda Naturi Nukman.

Pengukuhan tersebut dilakukan pada Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) dan Hari Gemar Membaca (HGM) tahun 2023, di Gedung Pusat Informasi Pembangunan (Pusiban), kompleks Kantor Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Kamis (14/9/2023).

Pada kesempatan tetsebut, Bunda Literasi Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengucapkan selamat kepada Bunda Literasi yang baru saja dikukuhkan. Dan segera menyesuaikan dan mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan program literasi.

“Saya harap segera menyesuaikan dan mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan program literasi di masingmasing kabupaten yang sebelumnya sudah berjalan,” ujar Riana Sari Arinal.

Riana Sari Arinal berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk mengajak masyarakat mengunjungi perpustakaan dan meningkatkan literasi serta mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca.

Hal ini, lanjut dia dikarenakan dengan membaca merupakan dasar dari Literasi yang dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, membuka diri terhadap ide dan informasi baru, serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan optimal.

“Marilah kita melangkah bersama seiring sejalan, satu arah, dan satu tujuan untuk mewujudkan Lampung Berjaya menuju Indonesia Maju,” pungkas Riana.

Sementara sebelumnya, Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia – Intizam menjelaskan, bahwa Hari Kunjung Perpustakaan dicanangkan pada 14 September 1995. Penetapan Hari Kunjung Perpustakaan imempunyai tujuan yang positif bagi gerakan aktivis intelektual di Indonesia.

“Penetapan HKM mempunyai tujuan positif terutama di dalam menyebarkan budaya membaca generasi bangsa, serta mengoptimalkan peran perpustakaan sebagai ruang pembelajaran dan berkreativitas.” ujar Gubernur seperti disampaikan Intizam.

Kegiatan ini, terus Gubernur juga sebagai upaya memotivasi masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan minat baca, khususnya bagi anak-anak.

“Disamping untuk memotivasi, Gerakan Kunjung Perpustakaan ini juga sekaligus sebagai ajang promosi dalam pengenalan dan pemanfaatan perpustakaan yang sudah bertransformasi sebagai perpustakaan berbasis inklusi sosial.”jelas Gubernur mengakhiri sambutan tertulisnya.

Di sela acara juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba pada rangkaian kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2023 oleh Dinas Perpustakaan & Kearsipan Provinsi Lampung.

SMKN1 Tubaba meraih juara 3 lomba perpustakaan sekolah terbaik tingkat SMA Se Provinsi Lampung, sementara
Siswi SMPN 2 Tubaba, Anisa Putri Riandini meraih Juara 2 Lomba Pidato Bahasa Lampung.*

(Elman)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *