oleh

Jalin Silaturahmi Kamtibmas, Kapolres Tubaba Sambangi Tokoh Masyarakat

Tulang Bawang Barat — Echanews.com

Menyikapi perkembangan Kamtibmas dewasa ini, jajaran Kepolisian melakukan berbagai upaya dalam rangka memberikan jaminan keamanan yang kondusif bagi masyarakat.

Ditambah pandemi covid-19 yang masih melanda tanah air sekarang ini, tak ayal membuat jajaran Kepolisian bekerja ekstra keras.

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Kepolisian tentu membutuhkan peran serta dan dukungan dari semua pihak, tak terkecuali tokoh pemuda, tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

Guna mewujudkan hal tersebut, Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sunhot P. Silalahi, S.I.K, M.M, menyempatkan diri berkunjung dan silaturahmi kepada tokoh masyarakat dibalai tiyuh Margo Mulyo Kec. Tumijajar, Kab. Tulang Bawang Barat, Selasa (22/11/2022) siang.

Selain memperkenalkan diri sebagai Kapolres menuturkan bahwa kunjungan tersebut merupakan sambang Kamtibmas kepada para tokoh agama dan membangun sinergitas demi terciptanya Kamtibmas yang kondusif.

Ia juga menjelaskan kalau silaturahmi itu merupakan kegiatan sambang Kamtibmas kepada tokoh agama, Masyarakat dan untuk mengetahui permasalahan dan harapan masyarakat.

Dalam sambutannya Kapolres AKBP Sunhot menyampaikan beberapa pesan kamtibmas.” Mari kita programkan kembali giat gotong royong pembersihan lingkungan, aliran air dan sungai guna antisifasi bencana alam dikarenakan wilayah kita berpotensi mengalami bencana puting beliung dan banjir.

Angka kejahatan khususnya pencurian sekarang meningkat baik curas, curat dan curanmor dan dari analisa kejadian kriminalitas tingkat kejahatan kerap terjadi di pemukiman dan perumahan penduduk dengan tenggang waktu sering terjadi dari pukul 12.00 s/d 18.00 hal ini terjadi selain adanya niat pelaku namun ada nya kesempatan dan peluang yang kita berikan kepada pelaku untuk melakukan kejahatan untuk itu berikan edukasi kepada masyarakat dan keluarga untuk mencegah timbulnya niat pelaku kejahatan karena adanya kesempatan untuk melakukan kejahatan .

Untuk itu mari kita aktifkan kembali giat poskamling demi menjaga keamanan dari tingkat terkecil kemudian mari berdayakan karang taruna untuk sama-sama menjaga dan mengantisifasi pelaku atau orang luar masuk untuk melakukan pencurian.

Lebih lanjut kata Kapolres” Keberhasilan kita sebagai pelayan masyarakat adalah jika tingkat keamanan stabil,masyarakatnya Akur adem tidak ada konflik, dan tingkat ekonomi yang stabil untuk itu kami butuh bantuan seluruh aparatur dan masyarakat.

“Jika ada permasalahan diantara masyarakat silahkan dilakukan mediasi oleh aparatur tiyuh dengan didampingi aparat Kepolisian dan jadikan penegakan hukum sebagai langkah terakhir dikarenakan sekarang ada kebijakan untuk penyelesaian masalah melalui Restorative Justice dengan syarat memenuhi azas keadilan dan tidak menimbulkan keresahan dan konflik dimasyarakat.” pungkasnya.*

(Elman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *