oleh

Peran Partai Politik dalam sistem demokrasi di Indonesia

-Redaksi-45 views

Peran Partai Politik dalam sistem demokrasi di Indonesia

ECHANEWS.Com, Kepri

Partai politik memiliki peran dan kontribusi signifikan dalam system perpolitikan nasional, serta memberi arah dan warna dalam dinamika demokrasi di Indonesia.
Dalam kedudukannya sebagai pilar demokrasi, peran partai politik merupakan wadah seleksi kepemimpinan, baik nasional maupun daerah. Rangkaian penyelenggaraan seleksi kepemimpinan nasional dan daerah melalui pemilu membuktikan keberhasilan partai politik sebagai pilar demokrasi.
Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Nusantra, Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, dalam diskusi bersama kader dan sejumlah awak media di Kepri, Minggu (31/10/2021).
Pemilu, kata Suriyanto, harus dilaksanakan secara jurdil, luber dan berkualitas. Peran parpol sangat menentukan terhadap kualitas pemilu itu sendiri.
“ Bahwa penataan system pemilu dan system politik akan meningkatkan kualitas politik dan demokrasi. Kita harus opitimis dan memupuk harapan, agar pada pemilu mendatang, kualitasnya jauh lebih baik dari pemilu sebelumnya,” kata Suriyanto.
“ Melalui pemilu yang luber, jurdil dan berkualitas, kita menaruh harapan terhadap keberlangsungan bangsa ini. Penyelenggaraan pemilu demokratis menjadi dambaan setiap warga negara,” tambahnya.
Dalam sebuah negara demokrasi, terang Suriyanto, Pemilu ini sangat penting, karena pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
“ Pelaksanaan pemilu dikatakan bisa berjalan secara demokratis, apabila tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas dan rahasia, sesuai kehendak hati nurani, tanpa ada intimidasi,” terangnya.
Menurut Dr.Siriyanto, partai politik, unsur penting demokrasi yang perlu mendapat perhatian dalam pembangunan demokrasi.
“ Partai politik memilki peran yang sangat strategis terhadap proses demokratisasi. Partai politik adalah sebagai wadah bagi rakyat untuk menyalurkan aspirasinya. Peran tersebut merupakan implementasi nilai-nilai demokrasi, yaitu keterlibatan masyarakat untuk melakukan kontrol terhadap penyelenggaraan negara melalui partai politik,” ungkapnya.
Kepada seluruh kader Partai Nusantara, Suriyanto untuk dapat berjalan bergandengan tangan dengan partai partai yang telah ada serta selalu saling menghormati sesama parpol, yang sama sama berjalan bekerja baik untuk NKRI.

R. Bambang SS
Editor : Jagad N

(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *