oleh

Masyarakat Kahuripan Dalem Bersyukur Adanya Program PTSL

Tulang Bawang, ECHANEWS.Com

Masyarakat Kampung Kahuripan Dalam, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang, bersyukur dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pada tahun 2018 lalu, yang sudah dibagikan kepada masyarakat setempat. Ungkapan itu, disampaikan beberapa warga, saat ditemui di kediamannya masing-masing, Jum’at (06/08/21).

Warga menjelaskan, Sebelum adanya program PTSL mereka merasa Kesulitan untuk memiliki bukti hak tanah lantaran jika membuat sertifikat secara mandiri tak mampu dengan tarif yang cukup besar.

“Justru kami bersyukur adanya program PTSL ini, sebab perbandingannya jika kami buat sertifikat sendiri secara mandiri maka tentu akan jauh lebih mahal dan lebih repot, maka oleh karena itu setelah mengetahui adanya program PTSL seluruh masyarakat Kahuripan Dalam yang lahannya belum memiliki sertifikat semua antusias untuk mengikuti program tersebut,” ucap Komang (30) salah satu warga dusun 03 kampung setempat.

Adapun sebuah keputusan, kata dia, itu dibentuk melalui musyawarah oleh masyarakat itu sendiri tanpa unsur paksaan dari pihak manapun.

“Saya dan warga lainnya siap bersaksi, jika adapun sejumlah biaya yang kami berikan itu memang murni atas inisiatif kami selaku warga dan tanpa paksaan dari pihak manapun, justru kami ucapkan terimakasih atas kerja keras kawan-kawan panitia yang telah bersusah payah memperjuangkan hingga program sertifikat ini bisa sukses,”jelas Komang.

Hal senada juga disampaikan Yuli (27) salah satu warga dusun 03 yang juga sangat senang dengan adanya program pembuatan sertifikat yang telah lama dinanti-nantikan itu.

“Sejak di pimpin ibu Roswati, alhamdulillah keinginan yang telah lama kami tunggu- tunggu dapat terwujud untuk memiliki sertifikat,” ucap Yuli.

Lebih jauh, Yuli menambahkan, ia mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintahan kampung Kahuripan Dalem atas dukungannya atas keinginan masyarakat sehingga program tersebut sukses dan kini seluruh peserta telah menerima sertifikat milik mereka masing-masing.

“Terima kasih atas support dan dukungannya, sehingga keinginan kami untuk memiliki bukti sah kepemilikan tanah dapat terwujud,” kata Yuli.

Terakhir, masyarakat berharap kepada pemerintah untuk dapat kembali memberikan program yang sama karena selain membantu juga dapat terjangkau oleh masyarakat khususnya bagi golongan ekonomi menengah ke bawah.

“Kalau ada program serupa, tentu kami selaku warga disini sangat berharap jika pemerintah kembali memberikan bantuan yang sama karena sangat membantu,” harapnya. (Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *