Ronda malam Bentuk Usaha Pengamanan lingkungan

Ronda malam Bentuk Usaha Pengamanan lingkungan

 

Rawajitu, EchaNews.com

Ronda malam adalah bentuk usaha pengamanan di lingkungan masyarakat dalam usaha menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah atau lingkungan tempat tinggalnya, yang dilakukan secara bersama- sama.

Hal itu juga dilakukan oleh warga masyarakat Desa Sidang Sido Rahayu, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, mereka aktif melaksanakan ronda malam untuk mengamankan Desanya dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu disampaikan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 426-03 Rawajitu, Kodim 0426 Tulang Bawang Sertu Mesi, saat sedang melaksanakan kontrol ronda malam bersama ketua Satlinmas, Rabu (13-05-2020)

Selaku Babinsa dirinya merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh warga masyarakat binaannya, tidak pernah kendor dalam mengamankan wilayah Desanya, ini bisa dijadikan contoh dan teladan bagi warga masyarakat desa lain yang belum melaksanakan pengamanan seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat disini.

Di tengah- tengah situasi pandeminya Coronavirus disease 2019 (Covid-19) dan di terapkannya Social distancing, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi itu untuk menjalankan aksi jahatnya, tetapi dengan tetap dilaksanakannya ronda malam aksi kejahatan akan semakin sempit ruang geraknya dan semakin sulit untuk dilakukan.

Dirinya juga memberikan himbauan kepada warga yang melaksanakan ronda malam harus menggunakan masker, yang belum menggunakan agar diambil dan digunakan, pada intinya setiap keluar rumah wajib menggunakan masker, semua untuk keamanan kita.

“Jangan kendor, tetap semangat dalam melaksanakan ronda malam, keamanan Desa ada di pundak kita, mari kita ciptakan situasi keamanan yang konduksif sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Udin (52) Danton Satlinmas Desa Sidang Sido Rahayu, warga masyarakat di Desa Sidang sido Rahayu dari dulu tidak pernah kendor dalam melaksanakan ronda malam, oleh karena itu Desa kami selalu aman dan konduksif.

“Mari kita jaga Desa kita dengan semangat kebersamaan, semoga Tuhan tetap melindungi kita dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab, pungkas Udin dalam mengakhiri pembicaraannya.

Subscribe

Thanks

No Responses

Tinggalkan Balasan