oleh

BPNB Imformasikan Ombak Besar di Pantai Bukan Tsunami

-Peristiwa-209 views

Tulang Bawang Echanews.com

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan ombak besar yang menghantam Pantai Anyer, Serang, Banten, bukan tsunami. Peristiwa itu gelombang pasang dan bersifat lokal.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ombak besar yang menghantam Anyer pada malam ini bukan dampak gempa Gunung Anak Krakatau sebagaimana informasi yang banyak beredar.

”Saya tegaskan, bukan tsunami. BMKG juga sudah menyatakan tidak mencatat gempa akibat Anak Krakatau. Jadi ini gelombang pasang, apalagi saat ini bulan purnama,” kata Sutopo dalam wawancara dengan iNews, Sabtu (22/12/2018) malam.

BACA JUGA: Video Dahsyatnya Ombak Besar yang Terjang Pantai Anyer

Sutopo menjelaskan, fenomena gelombang pasang ini bersifat lokal atau hanya terjadi di kawasan Pantai Anyer. Untuk itu, dia meminta masyarakat tetap tenang.

”Jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar. Masyarakat hendaknya tidak panik, namun sebaiknya menghindari aktivitas di sekitar pantai,” kata Sutopo.

Dia mengakui BNPB telah mendapat laporan mengenai sejumlah kerusakan akibat gelombang pasang itu, mulai mobil dan hotel yang rusak. BPBD, kata dia, telah terjun ke lokasi untuk membantu para korban, utamanya para wisatawan.

Gelombang tinggi menghantam Pantai Anyer, Sabtu sekitar pukul 21.40 WIB. Kerasnya terjangan air laut ini juga menyebabkan sejumlah mobil terlempar dari lokasi parkir di dekat vila masing-masing.

”Saat ini listrik di vila Wisma Kompas, Karang Bolong, dimatikan. Wisatawan dilanda kepanikan,” kata Masirom, seorang wisatawan di lokasi kejadian, Sabtu (22/12/2018).(des).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *