oleh

Bimtek Dan Sosialisasi Di Gelar Di Balam oleh Pemkab Tulang Bawang

Balam echanews.com –

Dalam peningkatan kapasitas aparatur, Pemerintah Kabupten Tulang Bawang menggelar Sosialiasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan Integrasi E-Planning dan E-Budgeting tahun 2018, di Bandar Lampung, Jum’at .november 2018.

Hal ini dikakukan aparatur agar dalam Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD) merupakan sub system dari Pengelolaan Keuangan Negara (PKN) serta elemen pokok dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda) dalam rangka pengelolaan keuangan negara dan daerah yang efektif, efisien dan ekonomis melalui tata kelola pemerintahan yang memenuhi pilar utama yaitu transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti SE, MH, dalam arahan yang disampaikan Sekdakab Ir. Anthoni MM mengatakan, perencanaan dan penganggaran untuk tahap awal dalam siklus pengelolaan keuangan daerah yang sangat penting dan menjadi dasar dalam pelaksanaan proses pembangunan.

Untuk itu, konsistensi antara perencanaan dan penganggaran penting diperhatikan karena merupakan indikator dalam menilai kinerja pemerintah daerah, agar seluruh program dan kegiatan pemerintah berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

“Ini sangat berpengaruh terhadap capaian dari visi, misi, tujuan, sasaran dan kebijakan yang telah direncanakan dalam dokumen perencanaan. Serta memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembangunan untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” pesan Bunda Winarti, panggilan akrab Bupati yang disampaikan Anthoni.

Bupati Gotong Royong ini uga menyampaikan, kata Sekdakab, bahwa saat ini tata kelola administrasi pemerintahan sudah semakin maju,  sehingga kita harus mampu berfikir modern mengikuti perkembangan zaman, kalau dulu pakai mesin tik sekarang sudah komputer, lebih jauh lagi semua sekarang sudah menggunakan  sistem online, semakin sedikit penggunaan kertas.

Dengan begitu, penerapan integrasi antara proses perencanaan (e-planning) dan proses penganggaran (e-budgeting) di Kabupaten Tulangbawang diharapkan mampu meningkatkan kualitas perencanaan dan anggaran yang partisipatif, transparan, akuntabel dan berkualitas serta dapat dikontrol oleh masyarakat.

“Penerapan integrasi e-planning dan e-budgeting ini juga diharapakan mampu menjaga konsistensi dan keselarasan dokumen perencanaan, penganggaran sampai dengan pelaksanaan program kegiatan dalam APBD. Sehingga target yang ingin dicapai dalam RPJMD mampu diwujudkan sesuai dalam rencana kerja tiap tahunnya,” paparnya.

“Sehingga Bimtek ini bisa bermanfaat, kedepan pengelolaan anggaran bisa dilakukan dengan lebih baik lagi sesuai aturan yang berlaku dan tata kelola yang modern,” ucapnya penyampaian pesan bupati.

Pada sosialisasi dan bimtek ini turut hadir, Kepala Bakuda Provinsi Lampung, Kepala Bappeda Provinsi Lampung dan Kepala Biro Perlengkapan Provinsi Lampung juga sebagai pemateri serta Kepala SKPD Se-Tulangbawang dan para Kasubbag Keuangan dan Kasubbag Bipran dari setiap SKPD Se-Tulang Bawang. ( Adv )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *